Kontrak Penggunaan

Kontrak Perjanjian (Kontrak) ini dimaksudkan untuk mengatur hubungan perjanjian antara Pengguna dan penyelenggara. Dalam hal ini adalah perjanjian antara Pengguna dan Penyedia layanan Blog yang berjudul “WaGoMu” oleh kantor cabang C-Point Corporation di Jakarta, selaku “penyelenggara”. Kontrak Perjanjian yang ada berlaku untuk seluruh hal yang terkait dengan layanan tersebut.

Pasal 1. Istilah dan definisi

Definisi dan istilah berdasarkan Perjanjian ini adalah: Layanan: “WaGoMu”, merupakan layanan blog yang disediakan oleh kantor C-Point Corporation cabang Jakarta,. Pengguna: Terdiri dari Individu, masyarakat ataupun perusahaan yang mengunakan layanan WaGoMu untuk membuka blog.

Pasal 2. Pendaftaran anggota

Pengguna adalah mereka yang sudah mendaftarkan keanggotaanya. Dalam layanan ini, ID WaGoMu (“ID”) diterbitkan oleh penyelenggara.

Pasal 3. Biaya penggunaan pelayanan

Biaya pengunaan layanan: Biaya penggunaan Layanan ini adalah Gratis. Sebagai gantinya, Pengelola atau Penyelenggara akan mengatur seluruh Advertising dalam bentuk apapun dengan menampilkannya di seluruh Halaman WaGoMu, baik di Halaman Utama, Halaman Pengaturan, ataupun Halaman masing-masing Blog Individu seluruh Pengguna platform WaGoMu. Advertising di halaman Blog Individu masing-masing pengguna dapat dilepas atau tidak ditampilkan, hanya apabila pengguna tersebut mendaftar sebagai pengguna berbayar. Ada kemungkinan perubahan kebijakan mengenai biaya penggunaan ini diubah oleh penyelenggara. Apabila terjadi jika perubahan kebijakan mengenai biaya, penyelenggara akan memberitahukan hal tersebut kepada pengguna melalui website “WaGoMu” terlebih dahulu.

Pasal 4. Batasan tanggung jawab

  1. Pengguna yang mengunakan layanan ini bertanggung jawab terhadap diri sendiri.
  2. Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan blog dan konten yang dipublikasikan oleh pengguna.
  3. Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap kerugian jika ada perselisihan atau klaim atas kerusakan, karena penggunaan karya asli orang lain atau pihak ketiga.
  4. Pengguna bertanggung jawab sendiri mengelola ID Anggota dan kata kunci untuk menggunakan layanan. Jika ada permasalahan berupa keluhan, perselisihan dan klaim atas kerusakan karena ID dan kata kunci diketahui oleh pihak ketiga, maka pengguna harus mengatasi permasalahan tersebut dan bertanggung jawab penuh terhadap accountnya sendiri.

Pasal 5. Penghentian pengunaan dan penghapusan account

  1. Jika pengguna melanggar peraturan dalam perjanjian ini, ada kemungkinan penyelenggara akan menghentikan pengunaan account untuk sementara atau menghapus account tersebut tanpa peringatan terlebih dahulu.
  2. Penyelenggara tidak memberikan kompensasi atas kerusakan account yang memungkinkan untuk dilakukan penghentian penggunaan atau penghapusan account.

Pasal 6. Menghubungi kepada pengguna

Penyelenggara akan menghubungi pengguna berdasarkan informasi yang diinput pada saat pendaftaran anggota oleh pengguna sendiri. Jika ada kesalahan dalam informasi pribadi tersebut dan informasi yang dibutuhkan tidak dapat diterima pengguna, maka penyelenggara tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan tersebut.

Pasal 7. Tindakan yang dilarang untuk pengguna

Agar pengguna dapat menggunakan layanan, penyelenggara melarang tindakan di bawah ini: Jika pengguna melakukan tindakan-tindakan yang tertera dibawah ini, maka ada kemungkinan penyelenggara akan menghapus blog pengguna dan melarang untuk melanjutkan penggunaan layanan.

  1. Tindakan yang dilarang dalam Perjanjian.
  2. Tindakan yang dapat menganggu layanan.
  3. Tindakan yang bertentangan dengan hukum, peraturan, dll.
  4. Tindakan yang bertentangan dengan ketertiban umum dan moralitas.
  5. Tindakan meniru dan berperilaku seperti pengguna lain, pihak ketiga ataupun penyelenggara.
  6. Tindakan yang dapat merusak kehormatan dan kepercayaan sosial dan membuat pengguna lain/ pihak ketiga merasa tidak nyaman dan tindakan-tindakan yang mengacu pada kerusakan mental.
  7. Tindakan yang melanggar hak kepemilikan Intelektual (termasuk hak cipta) yang dimiliki oleh pengguna lain, pihak ketiga dan penyelenggara atau tindakan yang mengarah ke pelanggaran hak cipta.
  8. Tindakan yang berhubungan dengan pengumpulan informasi pribadi pengguna lain atau pihak ketiga.
  9. Tindakan memberikan informasi yang bertentangan dengan fakta-fakta atau mengandung informasi yang berbahaya.
  10. Tindakan yang berhubungan dengan pornografi terhadap anak di bawah umur atau kekerasan terhadap anak.
  11. Tindakan yang menampilkan informasi yang dianggap berbahaya bagi anak di bawah umur (di bawah 18 tahun), atau tindakan yang mengandung faktor-faktor yang membahayakan.
  12. Tindakan yang berhubungan dengan bisnis jaringan (Multilevel Marketing/MLM) atau tindakan untuk mengajak melakukan bisnis tersebut.
  13. Tindakan yang menempatkan beban signifikan pada server atau perangkat network penyelenggara.
  14. Tindakan mengunggah virus yang berbahaya bagi komputer, kode, file, program, dll atau menunjukkan tempat diunggahnya.
  15. Tindakan penghentian pengiriman iklan kepada blog pengguna secara sengaja. Namun, itu merupakan pengecualian jika penyelenggara mengetahui dan menyetujui adanya kegiatan penghentian iklan tersebut.
  16. Tindakan yang berhubungan dengan memposting suatu artikel yang sama secara berulang-ulang kali.
  17. Tindakan yang dianggap tidak pantas oleh penyelenggara.

Pasal 8. Tanggung jawab konten yang diterbitkan

  1. Konten dan informasi yang diterbitkan di blog dibuat dan diumumkan berdasarkan tanggung jawab pengguna sendiri.
  2. Dilarang menerbitkan konten/informasi di dalam blog yang termasuk dalam persyaratan berikut ini:
    1. Tampilan yang bertentangan dengan undang-undang atau memiliki kemungkinan terhadap pelanggaran tersebut.
    2. Tampilan yang mengacu pada tindakan kriminal atau tindakan yang dapat mendorong terjadinya tindak kriminal.
    3. Tampilan yang termasuk sebagai gambar dewasa dan informasi untuk dewasa.
    4. Tampilan kekerasan, kebrutalan, dll yang bertentangan dengan ketertiban umum dan moral.
    5. Tampilan yang dapat memberikan pengaruh yang salah paham terhadap keputusan pengguna.
    6. Tampilan yang berhubungan dengan pelanggaran hak kepemilikan intelektual pihak ketiga, hak privasi, hak kehormatan, dll atau segala bentuk tampilan yang memungkinkan untuk terjadinya pelanggaran tersebut.
    7. Iklan yang isinya konten bisnis atau iklan yang isinya mirip dengan yang dimiliki penyelenggara.
    8. Tampilan yang dapat mempengaruhi kemunduran kepercayaan bagi penyelenggara dengan kritik, penyalahan, publisitas palsu, dll.
  3. Ada kemungkinan penyelenggara membuat “pengumpulan halaman” yang berisi cuplikan atau artikel penuh dalam blog yang ditulis oleh pengguna. Dalam kasus tersebut, penyelenggara menulis judul blog dan URL asli secara jelas dan tidak perlu meminta izin setiap kali kepada pengguna, jika artikel diulas atau ditampilkan. Selanjutnya, pemilihan artikel untuk cuplikan dan terbitan dalam halaman tersebut diputuskan oleh penyelenggara sendiri.

Pasal 9. Penghapusan konten

Kasus-kasus seperti adanya pengguna yang menampilkan konten yang termasuk dalam konten yang dilarang oleh pasal-pasal atau konten yang dilarang oleh penyelenggara dan konten tersebut dinilai tidak pantas untuk diposting, maka penyelenggara dapat menghapuskan konten tersebut tanpa adanya persetujuan dari pengguna. Jika pengguna mendapat kerusakan dan kerugian, penyelenggara tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kerugian yang dialami pengguna. Karena penyelenggrara tidak berkewajiban untuk memberikan kompensasi.

Pasal 10. Pengelolaan data pengguna

Penyelenggara tidak menjamin perawatan blog yang terdiri dari kalimat-kalimat dan data-data pengguna. Berhubungan dengan komputer, ada kemungkinan data-data menjadi rusak atau hilang. Pengguna diharapkan untuk memahami terhadap hal tersebut dan jika kehilangan data atau perhentian sementara di server terjadi, maka pengguna tidak boleh meminta pertanggung jawaban kepada penyelenggara. Penyelenggara tidak bertanggung jawab dan tidak dapat memberikan kompensasi terhadap kerusakan dan kerugian yang dialami pengguna.

Pasal 11. Penyelesaian layanan

Penyelenggara dapat menyelesaikan layanan secara menyeluruh atau sebagian dengan peringatan kepada pengguna dalam jangka waktu peringatan yang cukup lama. Peringatan tersebut diumumkan di website “WaGoMu”. Selanjutnya, jika kerugian dan kerusakan terjadi kepada pengguna oleh karena penyelesaian pelayanan, penyelenggara tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan yang dialami pengguna.

Pasal 12. Kepemilikan hak cipta

Blog, termasuk komentar, dll, yang dibuka oleh pengguna, merupakan hak cipta milik pengguna sendiri. Namun, penyelenggara berhak untuk mencetak ulang dalam penggunaan sekunder blog dan dalam konten yang dibuat pengguna.

Pasal 13. Perbaikan Perjanjian

Penyelenggara bisa mengubah perjanjian dengan alasan untuk menetapkan, merevisi undang-undang dan menyempurnakannya tanpa persetujuan pengguna. Dalam kasus tersebut, persyaratan yang sudah diubah menjadi baru berlaku pada saat diumumkan di website “WaGoMu”.

Pasal 14. Penolakan

Untuk pengguna yang menggunakan layanan ini, penyelenggara tidak bertanggung jawab terhadap hal-hal berikut:

  1. Penyelenggara tidak bertanggung jawab penuh jika terjadi kerugian terhadap pengguna.
  2. Penyelenggara tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian yang disebabkan oleh pengguna kepada pihak ketiga. Pengguna bertanggung jawab penuh dan bersedia mengatasinya atas biaya sendiri.

Pasal 15. Hukum yang berlaku dalam perselisihan/ Pengadilan yuridis kesepakatan

Perjanjian ini akan diberlakukan sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia. Tentang perselisihan yang terjadi antara pengguna dan penyelenggara harus tunduk pada yurisdiksi eklusif di pengadilan yang merupakan wilayah hukum penyelenggara, sebagai pengadilan yuridis kesepakatan tingkat pertama.

Ditetapkan pada 18 Juni Tahun 2015
Direvisi 1 Januari 2016